Solo Day 2: Ke Tempat Snorkeling Hingga Bermain Bersama Rusa!

by - February 19, 2016

Setelah menikmati imlek di kota Solo seperti yang saya ceritakan di postingan ini, pada hari kedua kami mulai bertualang ke luar kota Solo. Ternyata ada beberapa tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi.

Umbul Ponggok Klaten
Tempat ini sepertinya lagi nge-hits, deh. Saya beberapa kali melihat postingan di sosmed mengenai tempat wisata yang unik ini. Unik gimana? Yes, di tempat ini kita bisa snorkeling, lho, padahal tempat ini bukan laut! Umbul Ponggok merupakan kolam mata air alami dengan kedalaman mencapai 3 meter. Berbagai ikan warna-warni bisa kita lihat di dalamnya. Bagian dasar kolam ini pun berupa pasir dan bebatuan. Harga tiket masuknya cukup murah, Cuma Rp 5000,-! :  )

Kebon Ace
Enggak terlalu jauh dari Umbul Ponggok, ada  Kebon Ace atau kebun rambutan. Di tempat ini memang terdapat banyak pohon rambutan dengan kios-kios non-permanen yang menjual rambutan. Berasa di pasar buah!

Kampung Lele Boyolali
Boo suka banget melihat ikan. Waktu mau diajak ke tempat ini, ia berceloteh sepanjang perjalanan, “lelenya mana, Bu?” Dan celotehan itu berkali-kali ia ucapkan! :  ) Saat sampai di Kampung Lele ini, Boo pun melihat banyak sekali ikan lele di empang-empang. Dia makin senzng karena ada beberapa kambing yang sedang makan rumput di seputar empang. Peternakan lele ini menghasilkan berbagai macam produksi pangan, seperti keripik kulit lele, keripik daging lele, abon lele, dan lainnya. Kreatif, ya!

Rumah Makan Adem Ayem
Setelah dari pagi berkeliling Klaten dan Boyolali, menjelang siang kami kembali ke kota Solo untuk makan siang. Kali ini kami mencoba menu di rumah makan Adem Ayem di Jalan Slamet Riyadi. Tempat yang sudah berdiri sejak 1969 ini menyajikan gudeg Solo sebagai signature dish-nya. Tapi selain gudeg masih banyak bangeeet menu yang tersedia di resto ini. Harganya enggak murah, tapi masih terjangkau, kok.
Mencoba menu selain gudeg di RM Adem Ayem. Satu posri cah daging ini bisa untuk 2 orang.

Taman Balekambang
Setelah kenyang, perjalanan mengelilingi Solo berlanjut ke Taman Balekambang di daerah Banjarsari. Huaaahhh di siang yang cukup terik, mengunjungi taman ini sepertinya jadi pilihan yang pas. Terdapat banyak pohon besar yang menyejukkan. Ada permainan anak dan yang paling kami suka dari tempat ini adalah rusa-rusa yang dibiarkan bebas. : ) Boo suka sekali tempat ini! Apalagi untuk masuk ke Taman Balekambang tidak dipungut biaya, lho. Asyiiikk…

Bandara Adi Soemarmo
Sebenarnya kami kembali ke Jakarta masih keesokan hari, tapi kami mampir ke Bandara Adi Soemarmo untuk mengantar kakak saya (tante Dini) yang harus kembali ke Jakarta karena besok sudah harus kerja, enggak bisa cuti dari kantornya. Mumpung santai di bandara, Boo pun senang sekali naik troli dan eksis! Hihihi….